BeritaTingkatkan Minat dan Budaya Baca, Forum Anak Bathin Solapan Buka Lapak di Terminal Duri Bestari
Bersama Rumah Baca Duri:

Tingkatkan Minat dan Budaya Baca, Forum Anak Bathin Solapan Buka Lapak di Terminal Duri Bestari

Repost on : 20/11/2019 08:14 WIB | 11x
Foto Lapak baca yang dilaksanakan Forum Anak Kecamatan Bathin Solapan dan Rumah Baca Duri di Terminal Duri Bestari, Ahad, 17 November 2019

BATHINSOLAPAN – Buku adalah gudang ilmu, jendela dunia, dan membaca adalah kuncinya.

Pesan tersebut mengingatkan betapa pentingnya membaca sebagai cara untuk memperkaya khazanah ilmu serta pengetahuan yang dapat menghantarkan manusia semakin cerdas. Membaca turut meningkatkan kualitas diri seseorang.

Inilah yang juga terus diupayakan dan dibudayakan pengurus dan anggota Forum Anak Kecamatan Bathin Solapan (FANBAS), Kabupaten Bengkalis, Riau.

Untuk itu, bekerja sama dengan Rumah Baca Duri (RBD), Ahad, 17 November 2019, FANBAS menggelar lapak baca di Terminal Duri Bestari.

Didampingi pembinanya Nadia Utami, kegiatan ini diikuti 9 orang anggota FANBAS. Sedangkan dari RBD 7 orang.

Ada sekitar 25 orang anak yang berdomisili di sekitar Terminal Bestari Duri yang datang ke lapak baca itu.

Mereka begitu antusias membaca buku-buku disediakan, serta ikut kegiatan mewarnai yang juga dilaksanakan FANBAS dan RBD Duri di kegiatan tersebut.

Selain anak-anak, sejumlah dewasa dan bahkan lanjut usia (lansia), juga mendatangi lapak baca FANBAS dan RBD Duri itu.

Mereka adalah penduduk sekitar dan para pedagang yang berjualan di sekitar terminal Duri Bestari.

Selain itu dan untuk melatih keberanian anak-anak yang datang ke lapak baca, FANBAS juga melaksanakan permainan edukatif. Mereka juga sangat bersemangat mengikutinya.

Sebagai bentuk reward ‘penghargaan’, bagi anak-anak yang berani tampil, mereka diberi makanan ringan dan balon. Hadiah ini membuat mereka semakin bertambah bersemangat.

Di kesempatan itu, kepada anak-anak yang datang ke lapak baca itu, FANBAS juga mengajarkan tepuk hak anak, dan meminta mereka untuk mempraktekkannya.

“Semoga kegiatan yang kami lakukan ini bersama RBD ini dapat mengembalikan dan meningkatkan minat dan budaya membaca pada anak-anak, khususnya di Bathin Solapan ini,” ujar sejumlah anggota FANBAS.

Tujuan tersebut juga disampaikan Nadia Utami.

“Selain itu, tak sekedar meningkatkan minat dan budaya baca buku, melalui kesempatan ini kami juga ingin terus memacu kreativitas dan sensitivitas, karena dengan membaca wawasan akan semakin bertambah,” imbuh Nadia Utami. #DISKOMINFOTIK