Bupati Bengkalis Minta Pusat Bantu Atasi Abrasi

icon   Pada 14 Agustus 2011 Bagikan ke :
Abrasi pantai yang ada di beberapa wilayah Kabupaten Bengkalis sudah sangat mengkhawatirkan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Ada tiga wilayah yang sangat parah terkena abrasi yaitu Pulau Bengkalis, Rupat Utara, dan Bukit Batu.

Semakin parahnya tingkat abrasi yang terjadi terhadap pulau-pulau terluar NKRI berbatasan dengan Negara Malaysia ini, Pemkab telah mengusulkan program penanganan untuk Pulau Bengkalis ke pemerintah pusat.

“Tiga Kecamatan yang daerahnya ini terkena abrasi menjadi fokus kita, hanya saja tahun 2011 ini kita mampu menekel terlebih dahulu Pulau Bengkalis. Karena programnya sudah masuk, dan kita usulkan ke Pemerintah Pusat, ditahun ini kita anggarkan untuk desaine, dan tahun berikutnya 2012 dilakukan pembangunan fisik,” papar Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh belum lama ini kepada sejumlah wartawan.

Menurut Herliyan, tiga wilayah yang ada daerahnya terkena abrasi itu, ditahun 2011 menjadi fokus Pemkab Bengkalis. Herliyan juga menyebutkan, ada empat hal yang diluar dari RPJMD yang menjadi perhatian, salah satunya adalah abrasi pantai, kemudian penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Selain abrasi itu, penanggulangan Karhutla sudah kita programkan, karena kita berada di posisi ke dua setelah Rohil rawan kebakaran. Rencana kita akan membangun pusat komando. Sudah kita siapkan lahan 1,2 hektar, dan nantinya kita dukungan dari KLH dan Propinsi Riau,” imbuhnya.***(dik_RT.C)