Gratis, Tidak Dipungut Biaya Apapun: Kadis Kominfotik Bengkalis Imbau Masyarakat Hati-Hati Terhadap Upaya Penipuan Rekrutmen CPNS 2019

icon   Pada 25 Oktober 2019 Bagikan ke :

BENGKALIS – Masyarakat di Kabupaten Bengkalis khususnya, diingatkan supaya berhati-hati terhadap upaya menipuan menjelang dibuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Demikian imbauan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis Johansyah Syafri.

Pasalnya, kata Johan, tingginya hasrat dan keinginan masyarakat untuk mengikuti seleksi CPNS 2019, bisa saja dimanfaatkan oknum tertentu guna mendapat keuntungan pribadi.

Mantan Kabag Humas Sekretariat Daerah Bengkalis ini berharap, masyarakat daerah ini, khususnya calon peserta yang akan mengikuti seleksi rekrutmen, kian pandai, arif dan selektif dalam menyaring informasi resmi tentang pendaftaran CPNS 2019.

"Pastikan informasi tentang penerimaan seleksi CPNS 2019 dari kanal resmi milik pemerintah. Yakni website berdomain ‘go.id’ dan media sosial yang sudah terverifikasi," harap Johan, di ruang kerjanya, Jumat, 25 Oktober 2019.

Gratis Alias Zero Money

Mengutip laman facebook resmi milik Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pekanbaru, Johan juga mengingatkan, rekrutmen CPNS 2019 tidak dipungut biaya.

Zero money, gratis, alias cuma-cuma. Tidak dipungut biaya apapun. Jadi hati-hati dengan penipuan. Jangan percaya calo atau makelar”, pesannya.

Karena itu, sambung Johan, kalau ada oknum yang mengaku bisa menjadi perantara dan dapat memberikan jasanya untuk menguruskan kelulusan sebagai CPNS 2019, itu jelas upaya penipuan.

“Sekali lagi, hati-hati dengan upaya penipuan. Jangan percaya calo”, kata Johan.   

Manfaatkan Aplikasi Resmi

Mengutip money.kompas.com, Kepala Sub Bidang Pengelolaan Aplikasi Sistem Seleksi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Efni Surayadi mengajak masyarakat kembali memanfaatkan aplikasi resmi milik pemerintah untuk berlatih soal SKD (Seleksi Kompetensi Dasar).

Lewat layanan ini, katanya, selain gratis dan mudah diakses, soal-soal yang ada resmi dari bank soal BKN.

Masih menurut Efni, sah-sah saja apabila masyarakat ingin melakukan simulasi soal SKD di banyak tempat. Namun, BKN tidak menjamin kualitasnya.

“Saat ini BKN hanya memfasilitasi simulasi soal SKD melalui website yang dapat diakses di alamat cat.bkn.go.id," kata Efni, Senin, 14 Oktober 2019. ##DISKOMINFOTIK