Kebun K21 Ikut Terbakar

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
12-October-2010

BUKIT BATU - Kebakaran lahan di wilayah Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis hingga Selasa (12/10) terus meluas hingga saat ini sudah membnakar bebrapa lokasi kebun K2i ynag tidak jauh dari lokasi kebakaran awal akibat tiupan angina kencang dan lokasi tanah gambut yag tebal.

'Saat ini kebakaran terus meluas dari lokasi awal di lahan perkebunan masyarakat yang saat ini sudah masuk kelahan K2i dan diperkirakan api akan cepat membakar lokasi akibat tiupan angin nyang kencang dan kedalam tanah gambut yang cukup tebal,' ujar Kaades Sepahat Selasa (12/10).

Selain itu untuk upaya pemadaman saat ini dlakukan oleh regdam desa sepahat yang dibagi dalam dua regu ditambah juga dari Kecamatn dan Polsek Bukit Batu, sedangkan untuk peralatan pemadaman sangat minin dan kurangnya selang pompa air dan ditambah lagi kesulitan air dilokasi.

'Kita hanya memakai satu pompa robin yang ada di desa dan api saat ini tidak bisa dipredikasi karena berpindah-pindah diterpa angin dan upaya pencegahan dilakukan dengan cara membatasi lahan yang belum terbakar,' kata kades.

Sedangkan untuk bantuan lain juga diminta ke PT. Mapala Rabda untuk menambah mesin pompa air karena dengan alat yang ada saat ini tidak bisa mencegah api dan kades juga meminta kepada tim TRC Kabupaten agar secepatnya turun dengan membawa peralatan.

'Kita juga telah meminta kepada tim TRC Kabupaten agar segera ke lokasi dengan mebawa peralatan, karena peralatan yang ada saat ini tidak memadai karena lokasi kebakaran yang jauh dari jalan sehingga kesulitan mengangkut ke lokasi yang terbakar,' pinta kades.

Sementara itu Kepala BLH Kabupaten Bengkalis Tengku Ilyas ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa untuk tim TRC yang ada saat ini sudah diturunkan kelokasi untuk membantu melakukan pemadaman bersama tim regdam yang ada di desa sepahat.

'Tim sudah saya perintahkan turu ke lokasi dengan membawa peralatan agar bisa membantu bersama tim lainnya melakukan upaya encegahan terhadap api agar tidak merembes ke lokasi lain,' kata Tengku.(Alfis)