Pemkab Bengkalis Optimalkan Potensi Daerah

icon   Pada 26 September 2011 Bagikan ke :
08-October-2010

BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis akan berupaya mengoptimalkan potensi daerah untk mengurangi ketergantungan terhadap Dana Bagi Hasil (DBH) khususnya minyak bumi. Disadari cepat atau lambat, produksi minyak akan mengalami penurunan bahkan tidak mustahil akan habis.

Hal itu disampaikan Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh melalui pesan singkatnya saat diminta tanggapannya terkait turunnya produki minyak dan pengaruhnya terhadap APBD kabupaten Bengkalis, Jumat (8/10).

Dikatakan, menurunnya produksi minyak di Riau jelas mempengaruhi penerimaan daerah terutama bagi penghasilan minyak, termasuk Bengkalis. Harus dicari solusi, agar ketergantunggan dengan hasil minyak ini yang tertera dalam DBH, tidak membuat daerah pesimis terhadap dana pembangunan daerah itu sendiri. Salah satu upaya adalah dengan melakukan optimalisasi potensi daerah melalui percepatan pembangunan dan penguatan ekonomi

Bupati mengatakan, turun naiknya produksi minyak memang mempengaruhi penerimaan daerah. Namun kencendrungan menurunnya produksi minyak, harus diambil hikmah, bahwa daerah harus menggunakan dana yang tersedia secara tepat guna dan hasil guna.

'Yang perlu kita lakukan lagi, selain memanfaatkan dana yang tersedia secara tepat guna dan hasil guna, percepatan pembangunan dan penguatan perekonomian harus segera dilakukan, untuk mengurangi ketergantungan dengan dana bagi hasil (DBH),' katanya.

Sangat disadari tambahnya, jika lambat laun produksi minyak akan berkurang, bahkan bukan tidak mungkin akan habis. Karenanya upaya-upaya lain dalam menambah pendapatan daerah harus dilakukan dari sekarang, sehingga tingkat ketergantungan denan DBH lambat laun akan berkurang dan ketika saatnya minyak benar-benar tidak ada lagi, daerah sudah siap dengan penerimaan dari sector lainnya.

Disisi lain katanya, pemerintah tidak boleh patah arang begitu saja. Juga harus ada upaya bagaimana supaya produksi minyak bisa ditingkatkan. 'Melakukan percepatan pembangunan dan penguatan ekonomi memang salah satu upaya mengurangi ketergantungan dengan DBH saat minyak tidak ada lagi dan penerimaan daerah dari sector ini makin menurun. Disisi lain, pemerintah tentu bersama pihak produkcton sharing dapat meningkatkan produksinya,' ujar Bupati . (Zul)