Realisasi APBD Tahun Ini Harus Lebih Baik

icon   Pada 21 Juni 2011 Bagikan ke :
BENGKALIS- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkalis, H Asmaran Hasan mengingatkan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Terkait Realisasi APBD tahun 2011 mengingat sekarang sudah berada di penghujung triwulan II. Sekda berharap realisasi tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.
“Idealnya realisasi APBD itu diatas 90 persen. Saya sudah menggelar rapat pra evaluasi dengan SKPD dan saya sudah perintahkan untuk menyampaikan laporan kegiatan paling lambat, kamis lalu,”ujar Sekda kepada wartawan di ruang kerjanya, senin(20/6/11).
Dari laporan yang disampaikan Bagian Program, ungkap Sekda, sudah 90 persen SKPD yang telah menyerahkan laporan kegiatannya. Jika tidak ada halangan, dalam minggu ini atau paling lambat minggu depan, akan digelar rapat evaluasi realisasi kegiatan triwulan II.
Ditegaskan Sekda, dirinya sudah mewanti-wanti kepada SKPD yang tidak bisa menjalankan kegiatan yang diselenggarakan tahun ini supaya secepatnya dilaporkan melalui Bappeda sehingga dananya bisa dialihkan untuk kegiatan lain di APBD perubahan nanti.

Ketika ditanya masih banyaknya kegiatan, terutama untuk fisik masih tahap lelang, Sekda mengharapkan kepada SKPD terkait untuk dapat menggesanya. Jika tidak bisa mencapai titik ideal, paling tidak realisasi APBD tahun ini lebih baik dari tahun lalu.

Ditegaskan Sekda, proyek diciptakan untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat. Bukan sebaliknya, dengan adanya proyek justru menimbulkan masaalah. “untuk itu kedepan ia sangat berharap sebelum membangun suatu proyek Pencanaan harus benar-benar matang,”harapnya.
Diakui, selama ini ada kecenderungan membangun dulu baru perencanaan sehingga ketika pekerjaan selesai timbul persoalan baru.” Jika perlu dalam satu tahun anggarannya kita fokuskan pada perencanaannya saja. Baru pada tahun berikutnya kita anggarkan pda pekerjaan fisiknya sehingga pekerjaan bisa cepat selesai dan tidak membuang-buang waktu.”ungkapnya.(rilis/humas)